Jumat, 11 Oktober 2019

Modernisasi Kerajinan Tembaga

Kerajinan Kuningan Tembaga salah satu hasil Industri kerajinan tembaga Tumang-Jawa Tengah ialah karya seni yg telah tumbuh mjd Home industri sbg penopang perekonomian khalayak. pengusaha tembaga sebelumnya tergabung di dalam Kelompok pengusaha Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini punya tingkat kemenarikan yg nggak kalah dgn perak atau bahan lainnya. Pada perkembangannya sebagian pengusaha mencoba merintis kerajinan seni ukir tembaga yg jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para orang yang berbisnis kerajinan tembaga juga berupaya berpartisipasi dunia usaha di Negara Tercinta . Banyak hasil buah karyanya, tak jauh beda relief, kaligrafi, banyak jenis tempat lampu taman, vas bunga, relief atau kubah masjid telah menghiasi beberapa tempat terkenal.
Industri kerajinan tembaga di Tumang, Kec. Cepogo, Boyolali bertambah tumbuh. Namun bukan artinya nggak permasalahan. Sebelum ini produksi kerajinan tembaga di Tumang-Jawa Tengah masih menggunakan alat manual. Banyak pengusaha logam Tumang yg mengaku bahwa mereka sedang kewalahan bersaing dgn industri pabrikan oleh karena tersebut modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan sangat memudahkan para pengusaha kerajinan tembaga. Sekarang Ini dgn adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para pengusaha kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian pengusaha saat ini telah menggunakan teknologi mesin. Ini dilakukan untuk mengakomodasi membeludaknya pesanan. Permasalahan lainnya, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dengan adanya bantuan peralatan pembuatan kerajinan tembaga modern dari pemerintah, diharapakan dapat menyusutkan biaya produksi dan mempercepat proses pembuatan kerajinan tembaga kuningan untuk memuaskan permintaan konsumen. Sehingga konsumen puas dan perajin kerajinan tembaga mendapat untung. Pengrajin sungguh perlu berpartisipasi revisi jaman, tapi juga perlu bantuan baik mesin produksi yg modern juga pelatihan.
Bermacam-macam hasil kerajinan tembaga yg dibuat oleh para pengusaha Tumang-Jawa Tengah. Sebelumnya produk yg paling murah tak jauh beda lampu gantung berukuran kecil dibeli untuk kepentingan dekorasi kafe. Namun ada juga produk dgn nilai miliaran juga sempat diterima para pengusaha kerajinan tembaga Tumang-Jawa Tengah, tak jauh beda produk kubah masjid yg berukuruan besar. Harga satu kubah tembaga dibanderol menuju Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yg dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga sangat bervariassi. Untuk Sementara tersebut, lampu gantung untuk furnitur rumah juga punya harga banyak mulai Rp 1 jt s/d Rp 8 jt. Mayoritas harga kerajinan tembaga terus-menerus sejalan dgn level kesulitan pengerjaan dan bahan utama yg diharuskan digunakan. Pengrajin kerajinan tembaga Tumang-Jawa Tengah siap mendapat pemesanan dari manapun juga, termasuk pemesanan dari Kabupaten Serdang Bedagai. Info lebih rinci silahkan kunjungi blog https://www.aa-gallery.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar