Minggu, 13 Oktober 2019

Modernisasi Alat Produksi Kerajinan Tembaga Kuningan di Cepogo-Boyolali buat Puaskan Pelanggan dari Kabupaten Tabanan

Kerajinan Tembaga salah satu hasil Sentra kerajinan tembaga Tumang-Jawa Tengah yakni karya seni yg sudah tumbuh menjadi Home industri sbg penompang perekonomian masyarakat. pengusaha tembaga pada umumnya tergabung di dlm Kelompok pengusaha Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini punya tingkat kemenarikan yg tdk kalah dengan perak atau bahan lain. Pada perkembangannya sebagian pengusaha mencoba merintis kerajinan seni ukir tembaga yg jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para pebisnis kerajinan tembaga juga berusaha berpartisipasi dunia kerja di NKRI . Banyak hasil buah karyanya, tidak jauh berbeda relief, kaligrafi, banyak jenis tempat lampu robyong, bowl, kaligrafi atau kubah masjid sudah menghiasi lebih dari satu tempat tersohor.
Sentra kerajinan tembaga di Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali meningkat tumbuh. Walau Demikian bukan bermakna tdk permasalahan. Dahulu produksi kerajinan tembaga di Tumang-Jawa Tengah masih memanfaatkan alat manual. Banyak produsen logam Tumang yg mengaku bahwa mereka lagi kewalahan bersaing dengan industri pabrikan oleh dikarenakan tsb modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan sangat menolong para produsen kerajinan tembaga. Sekarang dengan adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para produsen kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian produsen sekarang sudah memanfaatkan teknologi mesin. Ini dilakukan untuk mengakomodasi membeludaknya pesanan. Permasalahan lain, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dengan adanya bantuan mesin modern dari pemerintah, diharapakan dpt menekan biaya produksi & mempercepat proses pengerjaan kerajinan tembaga kuningan untuk memenuhi keperluan konsumen. Sehingga konsumen puas & perajin kerajinan tembaga meraih untung. Pengusaha benar-benar butuh berpartisipasi perubahan jaman, walau demikian juga butuh bantuan baik peralatan produksi yg modern ataupun pendampingan.
Bermacam-macam hasil kerajinan tembaga yg dihasilkan oleh para produsen Tumang-Jawa Tengah. Pada Umumnya produk yg paling murah tidak jauh berbeda lampu gantung berukuran mungil dibeli untuk kepentingan dekorasi kafe. Walau Demikian ada juga produk dengan nilai miliaran juga sempat diterima para produsen kerajinan tembaga Tumang-Jawa Tengah, tidak jauh berbeda produk kubah masjid yg berukuruan besar. Harga satu kubah tembaga dibanderol mencapai Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yg dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga sangat bervariassi. Sementara tsb, lampu gantung untuk furnitur rumah juga punya harga banyak mulai Rp 1 juta s/d Rp 8 juta. Seluruh harga kerajinan tembaga terus-menerus sesuai dengan level kompleksitas pembuatan & bahan baku yg diharuskan digunakan. Pengusaha kerajinan tembaga Tumang-Jawa Tengah siap meraih permintaan dari manapun juga, termasuk permintaan dari Kabupaten Kepulauan Aru. News lebih detil silahkan kunjungi weblog https://www.aagallery.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar