Rabu, 16 Oktober 2019

Kubah masjid di Kabupaten Dharmasraya

perkiraan tak sama dgn kubah masjid di Kabupaten Aceh Tenggara walau punya bentuk yang serupa. Hal itu tdk mengapa karena dipakainya kubah masjid ialah buat memperindah bangunan masjid. Perbedaan kubah masjid diberbagai daerah justru mengalami penambahan memperkaya khasanah NKRI . Kubah masjid ialah salah satu unsur arsitektur yang tetap digunakan pada sebelumnya bangunan masjid. Kubah terawal kemungkinan besar ialah atap pondok primitif, yang diolah dari dahan kayu sbg rangka & dipadatkan dgn selut & lumpur. Ataupun menggunakan batu sbg sangga. Contoh kubah seperti ini dapat dijumpai di dlm kubur Mikene di Yunani & dlm arsitektur Sisilia di Italia. Kubah-kubah itu sekadar digunakan buat bangunan-bangunan yang kecil. Pd Abad Pertengahan semasa pemerintahan kerajaan Romawi, singgah kubah telah diciptakan buat memungkinkan bentuk kubah yang bulat dipasang di atas bangunan berbentuk segi empat. Hal tersebut membuat pemilihan kubah mengalami penambahan meluas. Design awal Masjid Madinah cukup sederhana & menurut Prof K Cresswell, dlm Early Muslim Architecture kesempatan itu kubah belum dikenal oleh umat Islam sehingga. Lambat-laun kubah mjd simbol arsitektur Islam paling modern, yang seakan-akan harus ada pada masjid-masjid hot di Asia Tenggara. Masa Ini kubah masjid dapat anda saksikan pd atap suatu masjid hampir di semua Indonesia. Kubah masjid ber-arsitektur seperti separuh bola besar dgn terdapat kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Selain itu juga ada kubah masjid yang berbentuk pring sehingga disebut dgn 'kubah piring'. Kubah masjid yang dinamakan 'kubah piring' karena oleh puncak kubah masjid yang rendah & dasar yang besar. Selain itu juga dikenal kubah masjid 'kubah bawang'. Disebut kubah bawang karena bentuk kubah masjid itu hampir menyerupai wujud bawang.

Sebagaimana anda jumpai di banyak masjid di segala dunia bahwa kubah diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan suatu masjid. Kubah masjid diletakkan di atas rangka bangunan petak dgn menggunakan singgah kubah (pendentive). Kubah masjid sebelumnya seperti suatu gerbang yang diputarkan pada rangka penyangganya. Artinya kubah masjid punya kekuatan struktur yang cukup besar. Kubah masjid tdk sekadar dapat diolah dari batu bata atau beton saja, namun kubah masjid dapat diolah dari kuningan atau tembaga. Kubah masjid dari tembaga masa ini banyak diminati banyak khalayak karena punya banyak kehandalan. Apa saja kehandalan kubah masjid tembaga ? Kubah masjid tembaga lebih awet karena anti karat. Kubah masjid tembaga juga anti panas, anti dingin anti hujan. Kubah masjid tembaga terlihat lebih indah. Kubah masjid tembaga anti bocor. Kubah masjid tembaga anti lumut shngg lebih tidak sulit buat dibersihkan.

Arsitektur kubah masjid adakalanya seperti di lebih dari satu tempat, namun terkadang tak sama antara satu daerah dgn daerah yang lain-lain tergantung budaya setempat, tergantung kemampuan finansial sendiri-sendiri takmir masjid, tergantung keinginan jamaah suatu masjid. Anda dapat menjumpai bentuk kubah masjid yang berbeda-beda di segala dunia. Walaupun Demikian sebelumnya walau tak sama, secara general bentuknya seperti . Design kubah masjid dapat dikatakan banyak karena sesuai dgn budaya & tempat anda Muslim berdomisili. Hampir di setiap negara berpenduduk Muslim punya masjid berkubah. Jikalau anda kepingin membuat kubah masjid yang tak sama dgn yang lain-lain, maka AA Gallery kesempatan ini juga siap mjd mitra anda. Sbg salah satu komponen arsitektur masjid, sejatinya kubah tdk sekadar menampilkan kemegahan & keindahan belaka. Lbh dari itu, kubah juga punya kegunaan sbg penanda arah kiblat dari bagian luar & menerangi bagian interior masjid.
Pd abad ke-12 M, kubah mjd sebagaimana lambang arsitektur nasional Mesir dlm struktur anda Islam. Dari masa ke masa, bentuk kubah pada masjid juga terus perubahan meramaikan jalannya teknologi. Kubah mjd ornamen yang cukup identik dgn bangunan masjid atau tempat ibadah umat Islam. Walau Demikian telah mjd hal yang identik dgn masjid, namun bukan sama saja kubah mjd ketentuan utama buat mendirikan sebuah tempat ibadah. Tdk sedikit juga masjid-masjid yang tdk menggunakan kubah. Masa Ini kubah tembaga bisa di pesan kepada supplier logam tembaga sebagaimana http://www.kubahtembaga.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar