Minggu, 08 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Manggarai

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Manggarai . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan tersebut dikenal sbg sentra produsen seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, dan lain-lain tetapi sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior masjid, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para ahli kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi website amat memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bali. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke binjai.



Contoh Seni Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan amat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini merupakan banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya semakin murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain, pengrajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat menerima harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan harus inovatif dan harus menyesuaikan selera pasar. Saat ini AA Gallery tak hanya menerima orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak hanya satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari pekanbaru. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu cara guna memproduksi kerajinan logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar