Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Sarmi

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Sarmi . Desa Tumang, Jateng lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb diketahui sbg pusat bisnis kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada publik Tumang, Jateng. Beberapa saudara Cepogo membangun usaha di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, & lain-lain tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan kuningan buat kebutuhan asesoris hotel, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Jateng, saat ini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI & luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah & manca negara. Teknologi internet begitu membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke cilegon. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai design sendiri AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam begitu bervariasi tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain ini yakni banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain, perajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, produsen kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diharuskan inovatif & diharuskan memantau keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak cuma menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris hotel namun telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari tanjung pinang. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara guna membuat seni kuningan yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar