Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Dharmasraya

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Dharmasraya . Kampung Tumang, Jawa Tengah berlokasi di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb diketahui sbg sentra produsen seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak family Boyolali-Jateng membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, dan lain-lain walau demikian kini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan eksterior restoran, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dg naiknya pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negara Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke cilegon. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat.



Contoh Seni Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dpt memiliki design sendiri AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini ialah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya semestinya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan selera prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekedar menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior hotel tetapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari mataram. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni logam, AA Gallery semakin paham metode untuk menghasilkan seni logam yang berkualitas dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar