Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sumba Barat

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sumba Barat . Desa Tumang, Cepogo lokasinya diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa tsb dikenal sbg pusat ahli seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo. Banyak family Cepogo memilih bisnis rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn cuma membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, serta sebagainya walaupun demikian sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan dekorasi hotel, kantor, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang, mulai memberi harapan dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan logam buat menawarkan produknya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke pekalongan. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke bitung.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu beragam walaupun demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yakni beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain, produsen Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diharuskan inovatif serta diharuskan memantau keinginan pasar. Saat ini AA Gallery tidak cuma meraih pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tetapi telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak cuma satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari palangkaraya. Dengan modal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk membuat kerajinan tembaga yang berkualiti serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar