Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berada di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan tersebut dikenal sebagai sentra produsen kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak family Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke beragam pasar. Skill menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, & lainnya akan tetapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan ornamen masjid, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negeri Kita & luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ialah hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi internet cukup membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke probolinggo. Tidak cuma itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pasuruan.



Contoh Kerajinan Logam ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer juga dpt mengorder kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam cukup bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya jg murah disebabkan bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentu auto dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lainnya, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt memperoleh harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diharuskan kreatif & diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Kini AA Gallery tidak cuma memperoleh pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan buat keperluan interior hotel tetapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang design kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari medan. Dengan bekal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik untuk memproduksi kerajinan tembaga yg berkualiti & sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar