Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Gianyar

Produsen Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Gianyar . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai pusat pengusaha seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Jateng mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lainnya walau demikian kini telah beralih ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi hotel, kantor, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandung. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke balikpapan.



Contoh Seni Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan beraneka ragam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yaitu banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lain, produsen Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tsb, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi stabilitas ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus kreatif juga harus memantau keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekedar memperoleh pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari cilegon. Berbekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham metode guna menghasilkan seni logam yang bermutu juga cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar