Minggu, 08 Maret 2020

Ahli Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Bangka Barat

Ahli Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Bangka Barat . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb dikenal sbg sentra pengusaha seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga Cepogo-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, juga sebagainya akan tetapi saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris masjid, rumah, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, sekarang, mulai memberi harapan dg naiknya orderan, baik orderan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Republik Indonesia juga manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka mau menolong para pengrajin kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi website menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke gorontalo. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke tual.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini yakni lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lain-lain, perajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa mendapatkan harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang AA Gallery tdk sekedar mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah namun sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk sekedar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari kendari. Bermodalkan pengalaman puluhan thn membuat seni tembaga, AA Gallery semakin paham metode untuk membuat seni tembaga yang bermutu juga cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar