Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Ogan Komering Ulu

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Ogan Komering Ulu . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa tsb dikenal sebagai sentra pengrajin seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Jateng memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian menempa logam didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, dan sebagainya walau demikian sekarang ini telah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan interior masjid, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka mau membantu para perajin kerajinan logam untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet begitu membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin timur. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke baubau.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam begitu bervariasi walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya tentu auto ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lainnya, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, perajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus memantau permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak cuma memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari dumai. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin paham cara untuk membuat kerajinan logam yang berkelas dan sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar