Minggu, 08 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Bengkalis

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Bengkalis . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut disebut sbg sentra perajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, serta lain-lain walaupun demikian kini telah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen masjid, gedung, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan tembaga bertambah sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka mau membantu para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi website amat membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke banten. Tidak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan tembaga amat beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini merupakan beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentu akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Problem lain-lain, pengrajin Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat memperoleh harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan memantau permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery nggak cuma memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah namun telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak cuma satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari tegal. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti metode guna menghasilkan kerajinan logam yang berkelas serta sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar