Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bolaang Mongondow Utara . Desa Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Desa tersebut dikenal sbg sentra bisnis seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, serta lain-lain akan tetapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan tembaga buat kebutuhan eksterior restoran, kantor, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di NKRI serta luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ambon. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bali.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya design sendiri setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga cukup beragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu otomatis dikenai ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lain-lain, pengrajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekadar menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor tapi sudah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai design kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari karawang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik guna memproduksi seni tembaga yang berkualitas serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar