Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kutai Barat

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kutai Barat . Kampung Tumang, Jateng berada diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung tsb dikenal sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, serta sebagainya akan tetapi masa ini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan asesoris cafe, kantor, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jateng, kini, mulai bergairah dg naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Indonesia serta manca negara. Orderan kerajinan logam semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah serta manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kendari. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke parepare.



Contoh Seni Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Pembeli juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal karena bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekadar mendapat orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun sudah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari yogyakarta. Berbekal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham metode untuk menghasilkan kerajinan logam yg berkualitas serta sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar