Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Solok Selatan

Perajin Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Solok Selatan . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb dikenal sebagai sentra ahli seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga Cepogo-Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai pasar. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, juga lainnya walaupun demikian sekarang ini sudah berganti ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan asesoris masjid, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai bergairah dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI juga luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka akan membantu para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi internet begitu membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke sibolga. Nggak cuma itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke manado.



Contoh Seni Kuningan ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai design pribadi AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan tembaga begitu bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini ialah banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari wilayah lain tentu saja akan ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lain, produsen Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib kreatif juga wajib memantau permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tak cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel namun sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak cuma satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari bandung. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna membuat seni kuningan yang berkelas juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar