Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Seram Bagian Barat

Pengrajin Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Seram Bagian Barat . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Desa tersebut diketahui sebagai sentra bisnis seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lainnya walau demikian saat ini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga buat keperluan dekorasi masjid, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di NKRI dan manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya merupakan hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan membantu para industri kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi internet amat membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pematang siantar. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga amat bervariasi walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini merupakan banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya semestinya akan ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lainnya, pengrajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tak cuma mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan rumah namun sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak cuma satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari tanjung pinang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk memproduksi seni tembaga yang berkualitas dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar