Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lingga

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lingga . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tsb dikenal sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa family Jateng membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai pasar. Skill mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, dan lainnya namun kini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke tanjung balai. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai.



Contoh Seni Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga beragam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini adalah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lain tentu akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lain, pengrajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan memantau keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior kantor tapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari tomohon. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode guna membuat kerajinan kuningan yang bermutu dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar