Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Toba Samosir

Perajin Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Toba Samosir . Desa Tumang, Jawa Tengah posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa Tumang tersebut dikenal sbg pusat pengusaha seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo-Boyolali membangun usaha rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke banyak konsumen. Skill mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, juga lainnya walaupun demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior masjid, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di NKRI juga luar negeri. Orderan kerajinan tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke cilegon. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pagaralam.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dpt memiliki design pribadi selanjutnya AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga begitu beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yaitu banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Problem lainnya, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat memperoleh harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan wajib kreatif juga wajib menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery tidak sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan interior kantor namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari denpasar. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu metode untuk membuat kerajinan tembaga yg berkualiti juga cocok yg diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar