Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Solok

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Solok . Kampung Tumang, Jawa Tengah berada di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai sentra perajin seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd publik Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Tumang membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, juga sebagainya namun sekarang telah beralih ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen cafe, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Negeri Kita juga manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi website maka mau membantu para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke bogor.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain pribadi AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga begitu bermacam-macam namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini adalah lebih dari satu parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lainnya, pengusaha Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa mendapatkan harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diharuskan kreatif juga diharuskan memantau keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor tetapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari manado. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni tembaga, AA Gallery semakin tahu cara guna membuat seni tembaga yg bermutu juga sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar