Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kapuas

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kapuas . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai pusat bisnis seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Tumang memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, juga lainnya walaupun demikian kini telah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi cafe, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka mau membantu para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi internet begitu membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan. Tak hanya tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Seni Logam Kuningan ialah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini ialah beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lain, pebisnis Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga harus kreatif juga harus menyesuaikan selera pasar. Masa ini AA Gallery tak hanya mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel namun telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari singkawang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode guna membuat seni kuningan yang bermutu juga cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar