Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Simalungun

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Simalungun . Perkampungan Tumang, Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg sentra bisnis kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Cepogo memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, teko, juga lainnya walau demikian masa ini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan interior restoran, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Negara Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga semakin signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke denpasar. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat.



Contoh Kerajinan Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yaitu lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lain, ahli Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery tdk sekadar mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris kantor tetapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk sekadar satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari palangkaraya. Dengan bekal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk membuat kerajinan logam yang bermutu juga cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar