Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Situbondo

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Situbondo . Perkampungan Tumang, Cepogo terletak diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan tersebut diketahui sebagai sentra pengrajin seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, teko, juga sebagainya namun masa ini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan dekorasi cafe, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Republik Indonesia juga luar negeri. Orderan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi internet cukup membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke palangkaraya. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan cukup beragam namun AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan yg dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah disebabkan bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lainnya, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat meraih harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diharuskan kreatif juga diharuskan memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery tak sekadar meraih pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tetapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang design kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari makassar. Bermodal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk membuat kerajinan logam yg berkelas juga cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar