Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Aceh Tengah

Bisnis Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Aceh Tengah . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut disebut sbg pusat perajin seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa family di sana membangun kerja di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, dan sebagainya tapi masa ini telah berganti ke kerajinan tembaga buat keperluan dekorasi restoran, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai bergairah dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Negara Tercinta dan luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sibolga. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke baubau.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga amat bermacam-macam tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini ialah beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, produsen Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa meraih harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan harus inovatif dan harus menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tdk sekedar meraih orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tdk sekedar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari tomohon. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham metode untuk membuat kerajinan logam yg memiliki kualitas dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar