Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Bone

Bisnis Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Bone . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sebagai sentra pengusaha kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Jateng memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, and lain-lain tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris hotel, kantor, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI and manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya ialah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi internet begitu membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke serang. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan.


Contoh Seni Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, and lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam begitu beragam tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari wilayah lain sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain, industri Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib inovatif and wajib menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari surakarta. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham metode untuk memproduksi kerajinan tembaga yang berkelas and sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar