Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Halmahera Barat

Perajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Halmahera Barat . Desa Tumang, Jawa Tengah posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sebagai pusat ahli seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Tumang mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Skill mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, serta sebagainya namun saat ini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi masjid, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta serta luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan semakin sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya ialah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka ingin membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi website membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pekalongan. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surabaya.


Contoh Kerajinan Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka dpt punya design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan bervariasi namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini ialah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari daerah lain tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain, pengrajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam harus kreatif serta harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery tak sekadar mendapat pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tetapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari kediri. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham metode guna memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar