Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Luwu Utara

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Luwu Utara . Kampung Tumang, Cepogo posisinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung tersebut disebut sbg pusat pengrajin seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak saudara Cepogo-Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, dan sebagainya tapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan eksterior hotel, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menggeliat dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka akan membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet cukup membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke serang. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur.


Contoh Kerajinan Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Customer jg dapat memesan kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka dpt punya design sendiri setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan cukup beraneka ragam tapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yg dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya auto dikenai ongkir.

Kendala para produsen kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lainnya, produsen Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga harus kreatif dan harus memantau permintaan prospek. Sekarang AA Gallery tak cuma meraih orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior rumah tetapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak cuma satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari karawang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna memproduksi seni logam yg berkelas dan cocok yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar