Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Katingan

Ahli Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Katingan . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb diketahui sbg pusat perajin seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, and sebagainya namun masa ini telah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan interior restoran, rumah, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Republik Indonesia and luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah and banyak negara. Teknologi website begitu membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke yogyakarta. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tual.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, and lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki desain sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan begitu beraneka ragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini ialah lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentu saja secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain, pengrajin Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan diharuskan kreatif and diharuskan memantau permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tdk sekadar menerima pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan interior rumah namun telah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekadar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas and ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari jakarta pusat. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualiti and sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar