Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Parigi Moutong

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Parigi Moutong . Desa Tumang, Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tsb dikenal sebagai pusat industri kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, and sebagainya namun kini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, gedung, and lainnya.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali, sekarang, mulai bergairah dengan naiknya orderan, baik orderan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Indonesia and manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka akan membantu para ahli kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke seluruh daerah and manca negara. Teknologi website sangat membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke depok. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke tangerang.


Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, and lainnya. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi namun AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lain tentu saja secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Permasalahan lainnya, produsen Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga wajib inovatif and wajib menyesuaikan permintaan pasar. Kini AA Gallery tdk cuma meraih orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel tapi sudah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang design kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk cuma satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari probolinggo. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti cara guna memproduksi kerajinan logam yang berkelas and sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar