Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bombana

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bombana . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Desa tsb dikenal sebagai sentra industri seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Jawa Tengah memilih kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa logam didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, dan sebagainya tetapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan interior hotel, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mengiklankan produknya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dpt mempunyai design sendiri setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan cukup bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Antara lain ini yakni banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal karena bahan yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Permasalahan lain, pengrajin Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt meraih harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus inovatif dan harus memantau keinginan prospek. Kini AA Gallery tdk sekadar meraih pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari padang panjang. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni logam, AA Gallery bertambah paham cara guna memproduksi seni logam yang berkualiti dan cocok yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar