Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Kolaka Utara

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Kolaka Utara . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berada diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sbg sentra industri seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jateng memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan sebagainya tapi masa ini sudah bertolak ke kerajinan logam buat kebutuhan dekorasi cafe, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya merupakan adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke ternate. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tegal.


Contoh Kerajinan Logam merupakan lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan bermacam-macam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan banyak variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan yg dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa meraih harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga harus kreatif dan harus memantau permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar meraih permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan interior rumah namun sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari batam. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna menghasilkan kerajinan tembaga yg berkualitas dan cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar