Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kepulauan Sula

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kepulauan Sula . Perkampungan Tumang, Boyolali berada diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut dikenal sbg pusat perajin kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali. Beberapa keluarga Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam pasar. Skill menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lainnya walaupun demikian sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan asesoris hotel, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di NKRI juga manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi internet memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke karawang. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke singkawang.


Contoh Seni Logam yaitu robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki rancangan pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang semestinya otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain-lain, industri Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diharuskan kreatif juga diharuskan memantau selera prospek. Saat ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor namun telah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari bukit tinggi. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin tahu cara guna menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualiti juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar