Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bengkayang

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bengkayang . Perkampungan Tumang, Boyolali posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sbg sentra perajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali. Beberapa saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & lainnya walaupun demikian saat ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan eksterior restoran, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali, kini, mulai menarik dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Negara Kita & luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi website memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke balikpapan.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam beragam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ialah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan yg dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yg dipakai semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain, perajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif & diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari pematang siantar. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah paham metode guna memproduksi seni tembaga yg memiliki kualitas & cocok yg diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar