Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kota Jayapura

Industri Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kota Jayapura . Desa Tumang, Boyolali-Jateng posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sebagai sentra perajin seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Cepogo-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam pasar. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, teko, & lain-lain tetapi saat ini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan ornamen hotel, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai menarik dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Indonesia & luar negeri. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau membantu para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi internet begitu membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bekasi. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sabang.


Contoh Seni Logam Kuningan yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja auto dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lain, industri Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak cuma meraih permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tetapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang design kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak cuma satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari bali. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengerti metode untuk memproduksi seni logam yang berkualiti & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar