Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Musi Rawas Utara

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Musi Rawas Utara . Kampung Tumang, Jawa Tengah berada diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung tsb dikenal sebagai sentra pengrajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jateng memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke beragam pasar. Keahlian mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, baskom, juga lain-lain walaupun demikian kini telah beralih ke kerajinan tembaga buat keperluan asesoris masjid, rumah, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Negara Tercinta juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet begitu menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke karawang.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga begitu bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini ialah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentu saja auto dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, produsen Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus inovatif juga harus menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery nggak hanya menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari serang. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk memproduksi kerajinan kuningan yang bermutu juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar