Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Manggarai

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Manggarai . Desa Tumang, Cepogo terletak diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tsb diketahui sbg pusat bisnis kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo. Banyak family Boyolali memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Skill mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, teko, and sebagainya walau demikian masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior cafe, gedung, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai bergairah dg meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Republik Indonesia and luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya ialah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka akan membantu para produsen kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke solok.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Customer juga dpt mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan sangat beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini ialah banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan yang dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari daerah lain tentu saja auto ditambah biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lain, pengrajin Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt mendapatkan harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif and diharuskan menyesuaikan selera prospek. Saat ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tetapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak hanya satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari jakarta barat. Dengan modal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode guna menghasilkan seni kuningan yang memiliki kualitas and sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar