Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kota Padang Panjang

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kota Padang Panjang . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut disebut sbg pusat industri seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa saudara Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke bermacam pasar. Keahlian menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, & lainnya tetapi masa ini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat keperluan ornamen restoran, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional maupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI & manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi website maka ingin menolong para pengrajin kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website begitu menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke binjai.


Contoh Seni Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan begitu beragam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini ini ialah lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentunya harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentunya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lain, pebisnis Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan harus kreatif & harus menyesuaikan selera pasar. Kini AA Gallery nggak hanya meraih orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari banten. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham teknik untuk memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar