Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Padang Lawas Utara

Bisnis Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Padang Lawas Utara . Desa Tumang, Boyolali posisinya diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tersebut diketahui sbg sentra perajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, & lain-lain walaupun demikian kini sudah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior restoran, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai menarik dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di NKRI & manca negara. Permintaan kerajinan tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya adalah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi internet menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke palopo. Tak cuma tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke batu.


Contoh Kerajinan Kuningan adalah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa punya design sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini adalah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari daerah lain tentu mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lainnya, produsen Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif & diharuskan memantau keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tak cuma memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah namun sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak cuma satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari pasuruan. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui cara guna membuat kerajinan tembaga yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar