Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir . Desa Tumang, Jateng posisinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tersebut disebut sebagai pusat industri seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd publik Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, serta lain-lain walau demikian sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris cafe, gedung, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai menarik dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Negeri Kita serta luar negeri. Orderan kerajinan kuningan semakin signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sabang.


Contoh Seni Logam ialah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Customer juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam kuningan beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentunya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentunya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lainnya, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diharuskan kreatif serta diharuskan memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tidak cuma memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari langsa. Berbekal pengalaman puluhan th menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin tahu metode untuk memproduksi seni kuningan yang berkelas serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar