Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Way Kanan

Bisnis Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Way Kanan . Perkampungan Tumang, Boyolali terletak di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb diketahui sbg pusat produsen seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke beragam pasar. Skill mengolah logam didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, & lain-lain tetapi saat ini sudah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen masjid, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, sekarang, mulai memberi harapan dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Negara Tercinta & manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi website maka ingin membantu para industri kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website cukup membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat.


Contoh Seni Logam Kuningan merupakan robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya design sendiri AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain ini merupakan beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan baku yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah karena bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lainnya, perajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam harus kreatif & harus memantau selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tak sekedar mendapat orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor namun sudah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari pontianak. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara untuk memproduksi seni tembaga yg bermutu & cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar