Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Jepara

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Jepara . Desa Tumang, Jateng posisinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa tsb dikenal sebagai sentra perajin seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Jateng. Banyak family Cepogo mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak konsumen. Keahlian mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, serta lain-lain tapi masa ini telah bertolak ke kerajinan tembaga buat kebutuhan eksterior cafe, gedung, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan lokal dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Republik Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan tembaga meningkat cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi internet amat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke mataram. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta selatan.


Contoh Seni Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam amat bervariasi tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini adalah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal karena bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain-lain, pengusaha Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diwajibkan kreatif serta diwajibkan menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari pagaralam. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu teknik guna membuat seni kuningan yang memiliki kualitas serta sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar