Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sumba Timur

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sumba Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali posisinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai sentra perajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali. Banyak saudara Tumang memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, juga lain-lain walau demikian sekarang telah berganti ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior cafe, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka mau membantu para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet sangat membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke sungaipenuh. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang.


Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga sangat bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yakni lebih dari satu parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lainnya, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa memperoleh harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau selera konsumen. Sekarang AA Gallery tak sekadar memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai desain kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari sungaipenuh. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni logam, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk membuat seni logam yg ber-quality juga cocok yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar