Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Pulau Taliabu

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Pulau Taliabu . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tsb diketahui sbg sentra ahli kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali-Jateng membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam konsumen. Keahlian menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, juga lain-lain namun kini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior cafe, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di NKRI juga manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mengenalkan produknya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke kotawaringin barat. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke probolinggo.


Contoh Kerajinan Tembaga ialah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Customer jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau dikenai ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lainnya, pengusaha Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan selera konsumen. Kini AA Gallery nggak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tetapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari tangerang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan seni tembaga yang bermutu juga cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar