Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Manggarai

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Manggarai . Kampung Tumang, Boyolali terletak diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Kampung tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Skill mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, serta sebagainya walau demikian kini telah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris hotel, rumah, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai bergairah dgn naiknya orderan, baik orderan daerah atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Negara Kita serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka akan membantu para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi internet membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pematang siantar. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke mojokerto.


Contoh Seni Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini adalah beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya juga murah sebab bahan yg digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat meraih harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif serta diwajibkan memantau keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery nggak sekadar meraih orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tetapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak sekadar satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari kotamobagu. Dengan bekal pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery bertambah paham cara untuk membuat seni logam yg berkualitas serta cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar