Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Karang Asem

Perajin Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Karang Asem . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai pusat industri seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah logam didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, teko, & lainnya namun saat ini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior hotel, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negeri Kita & luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke depok. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang.


Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt memiliki desain sendiri AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Problem lainnya, ahli Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan harus kreatif & harus memantau permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari makassar. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara guna menghasilkan kerajinan tembaga yang ber-quality & sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar