Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Tulangbawang

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Tulangbawang . Kampung Tumang, Cepogo berada diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tsb diketahui sebagai sentra produsen seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Cepogo memilih usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam konsumen. Keahlian mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, and sebagainya namun sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris masjid, rumah, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di Negara Tercinta and luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah and manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke kupang. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke prabumulih.


Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki desain pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan sangat bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentu harganya juga murah karena bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lain-lain, industri Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga wajib kreatif and wajib memantau keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tak hanya menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tetapi telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak hanya satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari bekasi. Bermodalkan pengalaman puluhan thn membuat seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode untuk membuat seni kuningan yang berkualitas and sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar