Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tana Toraja

Perajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tana Toraja . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb disebut sbg pusat ahli seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd orang Tumang, Jateng. Banyak family Boyolali-Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, dan lain-lain tetapi kini telah mengubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan interior restoran, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang, mulai bergairah dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu.


Contoh Kerajinan Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt punya design pribadi selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan sangat bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yaitu banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Problem lain, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tsb, perajin kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan harus kreatif dan harus menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak cuma meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor tetapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari padang sidempuan. Dengan modal pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham teknik guna menghasilkan kerajinan logam yang berkualiti dan sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar