Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Rejang Lebong

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Rejang Lebong . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat pengrajin seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, juga lain-lain tapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan dekorasi hotel, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai bergairah dengan naiknya orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita juga manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka mau membantu para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga banyak negara. Teknologi website amat membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palopo.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan amat bervariasi tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain ini adalah lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan ditambah biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain, industri Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar mendapat orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tetapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekedar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari solo. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham teknik guna membuat kerajinan kuningan yang berkelas juga cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar