Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Sleman

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Sleman . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berada diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tersebut disebut sebagai pusat pengusaha kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke banyak pasar. Skill mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, teko, juga sebagainya tetapi masa ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat keperluan asesoris masjid, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dgn naiknya permintaan, baik permintaan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Republik Indonesia juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi website maka mau membantu para perajin kerajinan tembaga buat menawarkan produknya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke payakumbuh. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.



Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan beragam tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini ialah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lain, pengusaha Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga wajib kreatif juga wajib menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery tak sekadar menerima permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai desain kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari palembang. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin paham cara guna memproduksi seni tembaga yang berkelas juga cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar