Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Bangka Selatan

Perajin Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Bangka Selatan . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Desa tsb diketahui sebagai pusat bisnis seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Boyolali-Jateng memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menyampaikan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, juga sebagainya walaupun demikian saat ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris restoran, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Republik Indonesia juga luar negeri. Orderan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau membantu para industri kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke surabaya. Tak cuma tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke bitung.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pembeli jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat punya desain sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan sangat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ini adalah beberapa parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya juga murah karena bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentu saja otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, produsen Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat mendapat harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tak cuma mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun telah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak cuma satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari jakarta pusat. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu teknik guna menghasilkan seni logam yg bermutu juga cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar