Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sigi

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sigi . Kampung Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai pusat pengrajin seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, & lainnya tapi masa ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan asesoris masjid, gedung, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dg meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan logam bertambah signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website begitu menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke palembang. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke bogor.



Contoh Seni Kuningan ialah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga begitu bermacam-macam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini ialah beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lainnya, ahli Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga harus kreatif & harus memantau keinginan prospek. Kini AA Gallery tak sekedar menerima permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor namun telah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekedar satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari bandaaceh. Bermodal pengalaman puluhan th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualiti & sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar